Jumat, 11 Mei 2012

13 bab strategi art of war end

Pada bagian terakhir ini kita akan membahas strategi sun tzu pada kitab art of  warfare
dari bab 11-13

BAB SEBELAS
SEMBILAN VARIASI TANAH
*Pilihlah Medan Pertempurannya
Sehubungan dengan pengerahan pasukan, tanah bisa diklasifikasikan sebagai menyebar, perbatasan, kunci, terbuka, terfokus, serius, sulit, terkurung, dan putus asa
* Bentuklah Strategi Lawan Anda
Kecepatan adalah inti perang. Manfaatkanlah ketidak-siapan musuh, tempuhlah rute-rute yang tidak disangka-sangka, dan seranglah musuh di mana ia tidak berjaga-jaga.
* Kemenangan adalah Satu-satunya Pilihan
Urusan seorang jenderal untuk bersikap tidak banyak bicara sehingga menjaga kewibawaannya; tidak memihak dan benar, sehingga baik pengelolaannya
* Pelajarilah Cara-cara yang Meraih Kemenangan
Langkah yang berbeda-beda, yang sesuai dengan kesembilan variasi tanah dan keefektivan pengerahan atau penarikan mundur sesuai dengan keadaan serta hukum-hukum mendasar tentang sifat manusia adalah hal-hal yang perlu dipelajari dengan seksama oleh seorang jenderal.
BAB DUA BELAS
SERANGLAH DENGAN API
* Kacaukanlah dan Serbulah
Ada lima cara menyerang dengan api. Yang pertama adalah membakar prajurit dalam kemah mereka; yang kedua, membakar persediaan ransum mereka; yang ketiga, membakar kereta barang mereka; yang keempat, membakar persenjataan mereka; dan yang kelima, membakar jalur transportasi mereka. Pasukan harus mengenal kelima situasi serangan dengan api ini dan menantikan saat yang tepat.
* Kansolidasikanlah Keuntungan-keuntungan Anda
penguasa¬penguasa yang dicerahkan harus mempertimbangkan rencana-rencana untuk bertempur, dan jenderal-jenderal yang baik rnelaksanakannya dengan hati-hati.
* Kuasailah Diri
Sehubungan dengan perang, penguasa yang dicerah¬kan itu bijaksana, dan jenderal yang baik itu penuh kehati-hatian. Demi¬kianlah negara itu tetap tenteram dan pasukannya terpelihara

BAB TIGA BELAS
PENGGUNAAN AGEN RAHASIA
* Susunlah Anggaran yang Memadai
Penggunaan anggaran dalam perang mempertimbangkan factor dalam negeri, dikaitkan dengan ketersediaan dana.
* Bentuklah Sistim Intelijensi yang Aktif
Alasan mengapa penguasa yang dicerahkan dan jenderal yang bijaksana itu menaklukkan musuhnya setiap kali mereka bergerak dan prestasi mereka melampaui prestasi orang biasa adalah karena mereka mem-punyai pengetahuan pendahuluan. "Pengetahuan pendahuluan" diraih dari orang¬orang yang mengetahui situasi musuh.
hanya penguasa yang dicerahkanlah dan jenderal yang bijaksana, yang mampu menggunakan orang yang paling intelijen sebagai mata-mata dan meraih hasil-basil hebat. Operasi mata-mata itu penting dalam perang; terhadap mata-matalah pasukan mengandalkan setiap gerakannya.


semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca


Tidak ada komentar:

Posting Komentar