Senin, 07 Mei 2012

13 Bab Strategi Art of Wars bag 2

pada bagian 2 ini kita akan membahas dari bab 4-6 dari isi kitab
art of war sun tzu

BAB IV. KEKUATAN PERTAHANAN


Alasan menyusun strategi :

  1. Kita harus berjuang keras agar tidak kalah
  2. Musuh yang harus terlebih dahulu membuat kesalahan besar baru kita mengalahkannya.
  3. Kita tak bisa bilang kita tak akan kalah tapi kita tak bisa memastikan musuh akan membuat kesalahan sehingga kita meraih kemenangan, orang bisa tahu cara untuk menang tapi tidak bisa memastikan akan memperoleh kemenangan.
  4. Yang merasa tidak yakin menang akan bertahan
  5. Yang merasa akan menang maka menyeranglah
  6. Meraka yang cakap dalam bertahan seolah-olah tak tampak oleh musuh
  7. Mereka yang cakap dalam hal bertahan akan menang bila tiba saatnya untuk menyerang.
Menang tanpa air mata :


  1. Ahli taktik akan tetap bertahan dalam keadaan aman.
  2. Tak pernah lewatkan kesempatan hancurkan musuh.
  3. Yang ingin menang harus terlebih dahulu menciptakan kemenangan.
Pahlawan yang benar-benar sejati tidak pernah membanggakan kecakapan atau keberanian mereka.


Mereka menang karena memiliki rasa percaya diri serta kemampuan untuk tetap pada posisi yang aman

Mengatur posisi :
1. Ahli taktik mempunyai sasaran-sasaran jelas dan disiplin yang ketat dalam pasukan.
2. Ahli taktik cakap :
   a. Ukur jarak
   b. Memperkirakan ongkos
   c. Mempelajari kekuatan
   d. Memperhitungkan kesempatan
   e. Merencanakan kemenangan. 

BAB V. FORMASI
Penyergapan tiba-tiba, konfrontasi langsung

  1.  Atur pasukan (organisasi) besar dan kecil
  2. Komando (Komunikasi) pasukan besar dan kecil
  3. Pasukan besar.
Hakikat kejutan :

  1. Perang adalah konfrontasi lansung
  2. Pasukan yang melakukan kejutan akan menang.
  • Serangan tiba-tiba dan kofrontasi langsung ada dalam peperangan, kombinasi keduanya membuat suatu variasi perang.
  • Kesiagaan
  • Gerakan.

    BAB VI. KEKUATAN DAN KELEMAHAN

Inisiatif :

  1. Pasukan pertama mengambil posisi yang fleksibel
  2. Pasukan akhir ikut perang walau dalam keadaan kelelahan
  3. Perwira melakukan gertakan mental
  4. Umpan untuk mencapai tujuan yang dimaksud
  5. Gertakan ke musuh
  6. Ganggu musuh
Mengacaukan musuh :

  1. Buat kegaduhan (kacaukan perhatian)
  2. Serang satu arah
Ibarat air :

  1. Tinggi ke rendah, menghindari musuh yang kuat tapi serang yang lemah
  2. Ikut bentuk yang dilalui . Rencana berubah sesuai perubahan kubu musuh.
  3. Tidak dominan pada suatu perubahan, ubah strategi sesuai perubahan pihak musuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar