Senin, 07 Mei 2012

Pemimpin yang baik= pendengar yang baik

saat ini saya akan membahas tentang salah satu karakter yang harus dimiliki oleh seorang
pemimpin karakter itu adalah "Pendengar yang baik"
Dale carnegie" pembicara yang baik adalah pendengar yang baik"

Pemimpin yang baik akan mendengarkan semua keluhan dan keprihatinan semua pengikutnya
seorang pemimpin harus dapat menahan keinginannya untuk menceritakan kisah-kisah suksesnya
tetapi mulailah mendengarkan kisah-kisah sukses dari para pengikutnya dan berikan lah
apresiasi atas apa yang di capai.


Pendengar yang baik bukan berarti hanya mendengarkan tetapi kita harus memperhatikan
apa yang disampaikan oleh lawan bicara,dengan demikian kita bisa mengetahui apa yang ingin
disampaikan oleh lawan bicara kita,dengan memperhatikan lawan bicara kita telah menunjukkan
suatu penghargaan terhadap orang tersebut,apalagi jika dalam pembicaraan tersebut kita sebagai
seorang pemimpin mampu menyelesaikan atau menangkap pesan-pesan tersirat dalam pembicaraan
tersebut.

Latihlah kebiasaan untuk mendengar lawan bicara anda karena itu menunjukkan suatu penghargaan
terhadap lawan bicara anda,saat seseorang merasa dihargai maka mereka akan menghargai anda
2x bahkan lebih dari cara anda menghargai mereka


Menjadi pendengar yang baik juga berarti membuka diri untuk selalu belajar menjadi lebih baik dengan mendengarkan pengalaman dan pendapat dari orang lain Larry king pernah berkata"setiap pagi saya sering mengingatkan diri saya sendiri bahwa apapun yang akan saya katakan tidak akan mengajarkan saya apa-apa,jika saya ingin belajar saya harus membiasakan diri saya untuk selalu belajar mendengarkan"


Kisah yang harus anda perhatikan dibalik pentingnya menjadi pendengar yang baik bagi seorang pemimpin
adalah sebagai berikut kisah ini dimulai pada saat menjelang pemilihan perdana menteri inggris antara
Wiliam gladstone (mantan perdana menteri pemimpin partai liberal) Benjamin disraeli (mantan perndana menteri inggris dibalik suksesnya pembelian saham terusan suez oleh ingggris)
saat keduanya tengah bersaing untuk pemilihan perdana menteri seorang wanita di berikan kehormatan untuk
bersama kedua calon selama 2 hari

Ketika ditanya kesannya mengenai kedua politisi terbesar diinggris itu wanita tersebut menjawab"Ketika
keluar dari ruang makan setelah duduk disebelah Pak Gladstone,saya mendapat kesan bahwa ia adalah pria terpandai di inggris.Namun setelah duduk disamping Pak Disraeli saya mendapat kesan bahwa sayalah wanita terpandai di Inggris"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar